Site icon Puskesmas Janti

GEMA CERMAT #3

Hai Sobat Sehat!

Yuk, bijak menggunakan antiobiotik!
Antibiotik adalah Obat yang digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan akibat infeksi bakteri.
Antibiotik harus diminum hingga habis untuk memaksimalkan kerjanya dalam membunuh atau mencegah perkembangan bakteri serta dapat mencegah terjadinya resistensi obat (Bakteri menjadi kebal
terhadap obat).

Aturan untuk konsumsi antibiotik menggunakan DAGU SIBU (Dapatkan-Gunakan Simpan Buang):
1. Dapatkan (Dapatkan antibiotik dengan resep dokter)
2. Gunakan (Gunakan antibiotik sesuai aturan pakai, Antibiotik harus diminum sampai habis, Gunakan antibiotik sesuai jenis penyakit, Jangan berikan antibiotik pada orang lain walaupun gejala penyakitnya sama, Apabila aturan pakai tertulis 3×1, maka obat diminum setiap 8 jam sekali 24 jam : 3 = 8 jam)
3. Simpan (Simpan di tempat kering, jauh dari sinar matahari langsung, dan jangkauan anak-anak, Jangan menyimpan antibiotik untuk penyakit infeksi di masa yang akan datang)
4. Buang (Hilangkan label etiket, Buang kemasan obat setelah dirobek atau digunting, Antibiotik tablet maupun sirup setelah dirusak atau digerus dicampur dengan tanah, dimasukkan ke dalam plastik/kresek, ditutup rapat dibuang ke sampah rumah tangga, Antibiotik tidak boleh dibuang sembarangan dicampur tanah ataupun saluran pembuangan karena dapat mencermari lingkungan)

Exit mobile version