TIPS KESEHATANWHATSONJANTI

Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Cacingan

Hai Sobat Sehat!

Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) adalah suatu program kesehatan yang bertujuan untuk mencegah penyebaran penyakit tertentu dengan memberikan obat secara massal kepada populasi yang rentan terhadap penyakit tersebut.

Cacingan adalah infeksi yang disebabkan oleh cacing parasit dalam tubuh manusia. Infeksi cacingan dapat terjadi melalui berbagai cara, seperti konsumsi makanan atau air yang terkontaminasi oleh telur cacing, atau melalui kontak langsung dengan tanah yang terkontaminasi.

Dalam program POPM untuk pencegahan cacingan, obat anti-cacing diberikan kepada populasi yang rentan, seperti anak-anak di daerah dengan tingkat infeksi cacingan yang tinggi. Tujuannya adalah untuk mengurangi beban penyakit dan dampak negatif yang ditimbulkan oleh infeksi cacingan, seperti gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak, serta masalah kesehatan lainnya. Kegiatan pemberian obat cacing ini dilakukan selama 2 kali dalam 1 tahun dengan sasaran anak usia 1-12 tahun. Obat cacing dapat diperoleh di Posyandu dan TK/PAUD/SD/MI.

Yuk, cegah cacingan pada anak dengan obat cacing!