LAPORAN KEGIATAN

KUNJUNGAN ODMK

Hai sobat sehat..
Bagaimana kabarnya?
Wahh tidak terasa kita sudah ada di penghujung bulan April ya.. Semoga selalu sehat jasmani dan rohani yaa..

Gangguan jiwa adalah sindrom atau pola perilaku yang secara klinis bermakna yang memengaruhi emosi, pola pikir, dan perilaku penderitanya.Hal ini menimbulkan gangguan pada satu atau lebih fungsi kehidupan manusia. Untuk itu pada Rabu (29/4/2020), dokter dan petugas Puskesmas Janti, bersama tokoh masyarakat dan Dinas Sosial mengunjungi pasien gangguan jiwa di Mergan Raya kelurahan Tanjungrejo, Kec. Sukun.
Pasien ini mengalami keterlambatan tumbuh kembang. Pasien pernah bersekolah di SLB, namun berhenti, tetapi pasien dapat beribadah dan memenuhi kebutuhan mandiri dengan baik.
Hasil pemeriksaan pasien menunjukkan bahwa ia mengalami ODMK (Orang dengan masalah kejiwaan). Untuk itu, dokter Puskesmas Janti memberikan obat dan pemahaman kepada orang-orang terdekatnya.

Di hari yang sama, dokter dan petugas Puskesmas Janti juga melaksanakan kunjungan kepada pasien sebatang kara yang mengalami keluhan meriang, batuk pilek dan memiliki riwayat sroke. Untuk itu petugas kami memberikan himbauan kepada pasien untuk melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan berperilaku CERDIK.
Yukk kita jaga diri dan keluarga dengan melakukan PHBS dan berperilaku CERDIK agar terhindar dari penyakit tidak menular. Apa itu CERDIK? Cek kesehatan, Enyahkan asap rokok, Rajin olahraga, Diet seimbang, Istirahat cukup dan Kelola stres dengan baik..

Stay safe, stay health, and stay care ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *