LAPORAN KEGIATANPERINGATAN HARIPUSKESMAS JANTITIPS KESEHATANWHATSONJANTI

SKRINING STROKE UNTUK PROLANIS DENGAN APLIKASI “SINARSIS” BERSAMA RUMAH SAKIT SAIFUL ANWAR (RSSA)

 

 

Hai Sobat Sehat!

Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak mengalami gangguan atau berkurang akibat penyumbatan (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik). Tanpa pasokan darah, otak tidak akan mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi, sehingga sel-sel pada sebagian area otak akan mati. Kondisi ini menyebabkan bagian tubuh yang dikendalikan oleh area otak yang rusak tidak dapat berfungsi dengan baik.

Stroke merupakan kondisi gawat darurat yang perlu ditangani secepatnya, karena sel otak dapat mati hanya dalam hitungan menit. Tindakan penanganan yang cepat dan tepat dapat meminimalkan tingkat kerusakan otak dan mencegah kemungkinan munculnya komplikasi.

Untuk itu RSSA bekerja sama dengan Puskesmas Janti untuk melakukan penyuluhan terkait penyakit stroke dan aplikasi “SINARSIS” kepada peserta Prolanis Puskesmas Janti. Aplikasi SINARSIS merupakan aplikasi Skrining Neurologi Akurat dan Praktis dengan link app.spinedigital.online, sehingga kegiatan skrining dapat dilakukan secara online.

Para peserta sangat antusias dengan kegiatan ini karena diawali dengan senam bersama, dilanjutkan dengan sosialisasi dan skrining kesehatan berupa pengukuran tekanan darah, pengecekan gula darah, dan skrining awal gejala stroke.

Kenali gejala stroke dengan akronim “SEGERA KE RS”
– SEnyum tidak simetris (mencong ke satu sisi), tersedak, sulit menelan air minum secara tiba-tiba
– GErak separuh anggota tubuh melemah tiba-tiba
– bicaRA pelo / tiba-tiba tidak dapat bicara / tidak mengerti kata-kata / bicara tidak nyambung
– KEbas atau baal, atau kesemutan separuh tubuh
– Rabun, pandangan satu mata kabur, terjadi tiba-tiba
– Sakit kepala hebat yang muncul tiba-tiba dan tidak pernah dirasakan sebelumnya, Gangguan fungsi keseimbangan, seperti terasa berputar, gerakan sulit dikoordinasi (tremor / gemetar, sempoyongan).

Yukk ikuti media sosial kami untuk mendapatkan
Instagram : @puskesmas_janti
Facebook : UPT Puskesmas Janti
Twiter : @PuskesmasJanti atau Puskesmas Janti Care
Youtube : Puskesmas Janti
Tik Tok : @janticare

@kec_sukun
@kelsukun_malangkota
@kimnukusofficial
@kimtanjungrejo
@kebandungrejosari
@dinkeskotamalang
@pemkotmalang

@kominfom